Kegiatan Sekolah

Home > Kegiatan Sekolah

Gempita Kemerdekaan ke-76 RI di Era Pandemi

SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta

16 Agustus 2021

Tujuh belas Agustus tahun 45

Itulah hari keerdekaan kita

Hari merdeka, Nusa dan bangsa

Hari lahirnya Bangsa Indonesia

Merdeka

Sekali merdeka tetap merdeka

Sepenggal syair lagu perjuangan yang mampu membuat kita Bangsa Indonesia meneteskan air mata, mengingat dan mengenang begitu pedih, susah payahnya pahlawan bangsa kita berjuang meraih kemerdekaan. Begitu banyak darah mengalir, pahlawan berguguran menjadi bukti sejarah yang harus selalu kita hargai kita kenang dan kita jaga.

SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta, ikut pula memeriahkan kemerdekaan ke-76 RI  dengan event khusus. Kegiatan kemerdekaan yang mengusung tema Menuju Mulanta Berprestasi dan Berbudaya Lingkungan ini diwarnai dengan meriahnya lomba. Ibu Margiyati, S.Pd. M.Pd kepala SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta, menghimbau dan mengajak siswa-siswi untuk mengikuti semua lomba dalam rangka memeriahkan kemerdekaan –ke-76 RI.

Lomba yang digelar secara daring  dari tanggal 16 sampai 21 Agustus 2021 ini meliputi: lomba keagamaan, lomba pemanfaatan barang bekas, tik tok kontens lingkungan,  lomba menulis cerpen, membaca teks deskripsi Bahasa Inggris dan lomba Budaya Jawa. Begitu Antusiasnya siswa-siswi mengikuti semua lomba meski harus menyisihkan waktunya disela pembelajaran daring yang harus diikuti setiap hari.

Ibu Margiyati, S.Pd. M.Pd berharap, dengan digelarnya lomba dalam memeriahkan kemerdekaan ke-76 RI ini akan mampu memupuk rasa persatuan, jiwa patriotisme dan rasa Nasionalime yang tinggi dalam jiwa generasi muda terkhusus untuk siswa siswi SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta. Merdeka, isi kemerdekaan ini dengan prestasi, kejar dan raih mimpi meski harus terbang tinggi untuk menggapai bintang diatas sana,

Penulis Hidayah Sri Hastuti(guru B Indonesia)

Pengajian Umum Mengisi Tahun Baru Muharam dan Memperingati Kemerdekaan ke-76 RI

SMP Muhammadiyah  9 Yogyakarta

21 Agustus 2021

SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta, Sabtu (21/8/2021) telah menggelar Pengajian Umum dalam rangka mengisi Tahun Baru Muharam dan Memperingati  Kemerdekaan ke-76. Acara ini berlangsung dengan lancar meskipun dilaksanakan secara virtual dengan  mengambil tema Berkarya dimasa Pandemi dengan Semangat Hari Kemerdekaan RI dan Tahun Baru Muharam.

Ibu Margiyati, S.Pd. M.Pd dalam sambutanya menyampaikan beberapa kendala yang dihadapi bapak ibu guru dan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran secara daring. Beliau juga mengajak dan menghimbau kepada orang tua untuk lebih intens dalam mendampingi belajar putra putrinya.

Tidak kalah bersemangatnya Ust Badrudin ARK, S,Ag.M,Si dalam tausyiahnya mengajak kita selaku orang tua dan guru, agar lebih mengenalkan sejarah islam  kepada anak-anak kita. Beliau juga menghimbau agar kita bisa mengisi  Tahun Baru Muharam dan Kemerdekaan dengan hal-hal yang positif yang dapat memupuk keimanan dan rasa Nasionalisme. Pengajian umum ini dihadiri secara virtual oleh guru karyawan, orang tua, dan siswa SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta. Untuk memeriahkan acara dan menarik perhatian siswa, diakhir pengajian ada kuis seputar materi isi tausyiah denag hadiah menarik berupa pulsa bagi siswa siswi yang dapat dan berani menjawab pertanyaan dengan tepat.

Pengajian umum ini dilaksanakan untuk mempererat rasa kebersamaan antara orangtua, siswa, dan sekolah, agar bisa bersinergi dalam mengikuti pembelajaran, dan mendampingi pendidikan anak-anak. Seperti kita ketahui diera pandemi ini, hampir seluruh kegiatan sekolah baik pembelajaran maupun kegiatan sekolah yang lain harus kita laksanakan secara daring. Hal ini memunculkan banyak kendala yang dihadapi oleh siswa, guru, dan orangtua.

Untuk memeriahkan acara dan menarik perhatian siswa, diakhir pengajian ada kuis seputar isi tausyiah untuk siswa. Diharapkan dengan adanya komunikasi dan kerjasama yang baik, semua yang kita harapkan dengan hasil pendidikan putra-putri kita akan bisa terwujud, Kita berharap bisa mengantarkan anak didik kita menyongsong masa depannya dengan lebih percaya diri.

Hidayah Sri Hastuti (guru B Indonesia SMP Muh 9 Yk)