Home > Siswa > PEMBELAJARAN DARING SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta

PEMBELAJARAN DARING SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta



Sudah satu tahun pandemi covid-19 ada, kebiasaan hidup bersih harusnya sudah menjadi kebiasaan pada diri setiap orang. Banyak perubahan yang terjadi akibat pandemi, terutama pada satuan pendidikan. Sejak Maret 2020 pemerintah melalui Kemendikbud mengumumkan untuk pelaksanaan PJJ (P) selama masa pandemi covid-19 untuk meminimalisasi penularan virus ke peserta didik dari tingkat yang paling rendah (PAUD) sampai tingkat tertinggi (universitas). Kebijakan tersebut memaksa setiap satuan pendidikan untuk segera menyusun langkah yang paling efektif dalam pelaksanaan pembelajaran yang harus dilakukan secara daring atau online karena tatap muka belum diperbolehkan sampai saat ini.
Sebagai sekolah yang tanggap di masa pandemi covid-19 ini, SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta mengambil kebijakan untuk menyelenggarakan pembelajaran daring(online) menggunakan aplikasi Moodle. Platform learning moodle memakai model computer assisted learning dan computer assisted teaching. Terdapat dua model yang berada di moodle, sehingga disebut dengan LSM (Learning Management System). Moodle telah memiliki lisensi yang open source, artinya moodle telah mempunyai hak cipta namun tetap dapat di copy oleh orang lain. bahkan tidak hanya mengcopynya, tapi juga dapat memodifikasinya.Seperti SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta yang telah memodifikasinya dengan nama http://belajar.smpmuh9yk.sch.id/.
Guru-guru SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta yang sudah menggunakan moodle merasa sangat terbantu dengan aplikasi tersebut. Cara pengoperasian yang mudah, kemudahan dalam mengelola kelas online, hasil pekerjaan peserta didik yang langsung bisa dikoreksi oleh sistem, dan pengaturan waktu pembelajaran yang benar-benar sama seperti pembelajaran tatap muka. Proses pengunggahan materi dan latihan soal sangat mudah. Rekapan kehadiran peserta didik langsung muncul sehingga memudahkan guru dalam mengecek absensi peserta didik. Guru dan wali kelas bisa langsung mengambil tindak lanjut jika ada peserta didik yang tidak mengikuti pelajaran. Keunggulan dari moodle yaitu bisa memuat link aplikasi lain seperti link youtube, googleform, googledrive, dan lain-lain. Hal ini berarti moodle bisa mencakup platform pembelajaran daring lain, tetapi platform pembelajaran daring lain belum tentu bisa mengakses moodle.
Pembelajaran di SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta tetap berjalan sesuai jam pelajaran saat tatap muka di luar masa pandemi. Hanya saja pembelajaran dialihkan melalui aplikasi karena peserta didik belum diizinkan tatap muka di sekolah dengan guru. Hak peserta didik tetap diberikan melalui aplikasi moodle dengan menu yang sangat lengkap. Tugas guru tetap terlaksana dengan baik dengan menerapkan berbagai strategi dan media pembelajaran melalui moodle dan memanfaakan akun belajar.id yang diberikan oleh Kemendikbud.

oleh : Melia Catur, S.Si